FIRAUN; Tuhan yang menjadi sejarah

PARBAJU.

Baca juga
1.5-raja terhebat yang pernah menguasai dunia.
2.Kerajaan ottoman.
3.Imperium britania raya

Firaun bukanlah kata yang asing lagi bagi umat manusia di zaman sekarang ini, karena kata Firaun tak hanya ditemukan dalam ilmu pelajaran disekolah tetapi juga sangat banyak dibahas oleh para ilmuan terutama para Arkeologi.
Didalam ajaran agama aliran Abrahamik (Kristen,Katolik,Yahudi dan islam) kata Firaun ini juga banyak disebutkan dalam kitab-kitab mereka.
Akan tetapi seringkali orang sekarang berfikir bahwa Firaun itu adalah merujuk pada nama dari seseorang raja bar-bar yang pernah berkuasa di Mesir kuno dan yang menyatakan dirinya adalah Tuhan.
Tetapi taukah anda bahwa sesungguhnya Firaun adalah sebuah gelar bagi raja-raja Mesir purbakala. 
Menurut sejarawan dan bukti penemuan para Arkeologi, Firaun pada zaman dahulu berkuasa di wilayah Afrika disepanjang sungai NIL dan telah menjadi bagian dari negara Mesir sekarang.
Dinasti Firaun ini berkuasa hingga lebih dari 30 dinasti dan dari 30 lebih dinasti-dinasti itu ada lebih dari 150 individu yang masih bisa dicatat oleh sejarawan modern.
Dari data hasil penelitian para arkeolog, akhir dari periode dinasti ini adalah sekitar tahun 30 an SM dimana pada masa itu Kekaisaran Romawi telah tumbuh dan berkembang hingga berhasil menaklukan kerajaan ini dan menjadikanya sebagai propinsi yang wajib Tunduk pada pemerintahan Kekaisaran romawi. Menurut catatan sejarah peninggalan ya raja terakhir yang menguasai dinasti ini adalah Ptolomeus xv /Caesarion.
Kekuasaan raja ini berakhir setelah ditaklukan Kaisar Oktavianus Augustus beliau adalah penguasa pertama sekaligus mungkin pendiri Kekaisaran romawi.
Dari sekian banyak refrensi dan situs peninggalan dinasti Firaun ini hingga kini masih banyak diteliti para ahli.
Dari lebih 30 dinasti dan lebih dari 150 individu yang pernah berkuasa atau menjadi Firaun ini mungkin ada beberapa nama yang familiar dan dikenal orang-orang sekarang karena diajarkan lewat agama dan sejarah tetapi ke familiaran nama mereka sebenarnya bukan merujuk pada kebesaran kekuasaan yang mereka pimpin saat itu tapi lebih karena terhubung ke kitab suci beberapa Aliran Agama.
Siapa-siapa kah nama-nama Firaun itu akan kita bahas di artikel berikutnya,untuk itu ikuti terus update dari blog ini dengan cara ikuti blog ini atau refrensi kan lewat email anda atau dengan bookmark situs ini diperambanmu.
Demikian bacaan kita hari ini dan selamat beraktifitas

Baca juga
1.5-raja terhebat yang pernah menguasai dunia.
2.Kerajaan ottoman.
3.Imperium britania raya

No comments:

Post a Comment

Berilah komentar yang sesuai dengan pengetahuan umum dan bukan argumen pribadi atau alibi