Hulagu Khan

Artikel terkait:


Hulagu Khan-adalah Khan pertama dari dinasti Khan yang menguasai wilayah Persia.

Pada masa kekuasaannya dia berhasil menaklukkan banyak wilayah di Asia Barat Daya atau yang sekarang lebih dikenal dengan Timur Tengah.
termasuk penghancuran kota Baghdad (Irak)  pada tahun 1258 yang saat itu terkenal sebagai pusat kebudayaan dan ilmu pengetahun Timur Tengah.
Dia adalah cucu .Jenghis-khan dari Tulai dan Sorghaghtani Beki selain menghancurkan Baghdad Hulagu Khan juga menaklukan banyak wilayah dan kerajaan.

Berikut rentetan sejarah daerah dan kerajaan yang pernah dikuasai atau tunduk serta membayar upeti tahunan pada kekaisaran Mongolia dibawah pimpinan Hulagu khan

Baca juga

1.Pertempuran Baghdad

Khalifah Al-Mus'tasim ditangkap dan disuruh melihat rakyatnya yang sedang disembelih di jalan-jalan dan hartanya yang dirampas. Kemudian setelah itu khalifah dibunuh dengan cara dibungkus dengan permadani dan diinjak-injak dengan kuda sampai mati. Semua anaknya dibunuh kecuali satu yang masih kecil dijadikan budak dan dibawa ke Mongol.
Sejarawan Islam, Abdullah Wassaf memperkirakan pembantaian warga kota Baghdad mencapai beberapa ratus ribu orang. Ian Frazier dari majalah The New York Worker memberi perkiraan sekitar 200 ribu sampai dengan 1 juta orang.
Baca juga

No comments:

Post a Comment

Berilah komentar yang sesuai dengan pengetahuan umum dan bukan argumen pribadi atau alibi